Tuesday, June 13, 2006

Alexander The Great

Ternyata tanggal 13 Juni ini merupakan tanggal wafatnya seorang yang memiliki nama besar dalam sejarah.

Alexander The Great, dikenal juga dengan nama Iskandar Yang Agung, atau dalam sejarah Islam yang termaktub dalam QS. Al Kahfi ayat 88-101 dengan sebutan Dhulqarnaen atau "yang memiliki dua tanduk"

Iskandar Yang Agung ini merupakan murid dari seorang filsuf yang sangat terkenal sampai saat ini yaitu Aristoteles. Darinyalah beliau banyak mendalami ilmu logika dan budaya Yunani.

Gelar The Great ia dapatkan karena wilayah penaklukannya yang sedemikian hebat hingga menguasai tiga benua sekaligus, yaitu Eropa, Afrika hingga Asia.

Nah...kisah tentang wilayah penaklukannya yang sampai menembus Asia bahkan ke Indonesia ini yang memiliki kesan tersendiri.

Ada sebuah novel sejarah dengan judul "Negara Kelima" yang mengisahkan tentang Iskandar Dzulkarnaen ini. Karena novel ini novel sejarah, mirip apa yang ditawarkan Dan Brown dengan "The Da Vinci Code"-nya, maka sangat sulit sekali membedakan mana yang fakta sejarah mana yang fiksi.

Novel ini bercerita tentang adanya sekelompok masyarakat yang sudah tidak memiliki harapan lagi atas sebuah negara yang bernama Indonesia. Kisahnya menceritakan bahwa ternyata Nusantara ( bukan Indonesia ) adalah sebuah benua yang hilang, benua Atlantik yang memiliki keindahan dan kemakmuran yang tiada tara. Sebuah benua yang dianggap sebagai surga dunia. Hal ini dikemukakan dari surat-surat peninggalan Plato yang menjadi guru nya aristoteles.

Bagaimana keterkaitannya dengan topik pembukaan di awal ??

Ternyata dari Aristoteles lah yang memacu muridnya Alexander The Great untuk melakukan pencarian terhadap benua yang hilang tersebut. Berbagai macam pelayaran-pelayaran ia lakukan hingga menghasilkan kejayaan baginya dari daerah hasil penaklukannya. Pencariannya ini dilanjutkan oleh keturunannya.

Sampailah keturunan Aleksander The Great di Nusantara. Keturunan Aleksander The Great ini bahkan sempat singgah di sebuah Pulau Sumatera tepatnya di daerah minangkabau dan menjadi asal muasal adat di sana.

Itulah yang menjelaskan bahwa asal muasal kenapa rumah adat minangkabau memiliki atap seperti tanduk? karena mereka adalah keturunan asli Aleksander The Great, Iskandar Yang Agung, Iskandar Dzulkarnaen, Yang memiliki dua tanduk...

Karena ini adalah novel sejarah, hehehe...silahkan dicerna sendiri kebenaran dari sejarahnya....betul gak sih...??

Wallahu a'lam bishshawab

mess Cikande, Serang
dalam penantian nonton skill-nya tim samba

8 Comments:

At 10:54 AM, Anonymous Anonymous said...

dit, alaxender biseks kan?
bedanya rumah gadang ma toraja apa? bukannya mirip tanduk?
atlantis di alqur'an ada ga?
dua tanduk itu emang bener gitu?
masa orang punya tanduk?
apa kiasan doang?krn keturunan yunani persia?
wallahua'lam
klo alaxander belajar dari aristoteles, berati alaxander tidak menghargai wanita. Hehe...

 
At 4:38 PM, Blogger Lucky said...

pernah denger, katanya tafsiran nya bahwa tokohnya itu Iskandar ataualexander the great itu masih belum tentu bener...bisa dicek mungkin bang adit?

 
At 2:43 PM, Blogger fEBRi said...

wah dit, tiu cuma satu ceriuta kenapa rumah gadang itu atpnya kaya tanduk kerbau.. klo tentang anak ISkandar the great yang bernama sri maharadja di radja itu emang ada sih di tambo sejenis kitab babat di rananh minang..
wah asyik juga yak klo benar, orang minang itu keturunan iskandar the great.. jadi sri mahradja di radja itu datannya pas gunugn merapi sebesar telur itik..
lucu deh klo baca tambo..
'

 
At 5:10 PM, Blogger Adit-bram said...

sbenernya pas ane baca ntuh novel, rada kaga percaya juga sih...masak sih..cuma ya itu tadi...ane blom bisa bedain fiksi atau fakta...tapi pas di akhir novelnya sih seolah-olah mengatakan bahwa itu khayalan..sory feb..blom bisa dukung impian loe jadi kturunannya aleksander the great..hehehe

 
At 5:15 PM, Blogger Adit-bram said...

buat anonymous:
loe azka ya??hehehe....CMIIW
aleksander biseks?wah gak tau ampe segitunya..hebat bener ente tau sedetil itu...
toraja&minang? gak tau...sorry..
dua tanduk?gak tau yah...cuma ane pernah didongengkan kalo ada raja yang punya tanduk,trus curhat ke pohon,trus tiba2 berita die punya tanduk kesebar ke seantero negeri..gak tau nyambung apa kaga ama iskandar dzulkarnaen..hehehe...
emang aristotels kaga ngehargain wanita ya?baru tau ane...thanx

 
At 8:30 AM, Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP User cathytrekslas vegas web site promotion Disk recovery protection Kt rose

 
At 2:14 PM, Anonymous Anonymous said...

mas adit kenapa mezti ceritanya bikin orang jadi tambah sinis. kalo bisa kasih fakta soalnya saya mau tau banyak. oiya, aristoteles itu materialisme kan ajranya? lalu kenapa dia meramal akan suatu dunia yang hilang?

 
At 7:46 AM, Anonymous Anonymous said...

mas udit, kontol mas adit hilang menjadi memek mas adit, hahahahahahhahha, kwkwkwkwkwkwkwkwk, tukang ngewe, ngentot situ!

 

Post a Comment

<< Home