Sunday, September 16, 2007

Indahnya pengembaraan...

Setiap kita adalah pengembara. Karena hidup ini adalah sebuah pengembaraan. Sebuah proses temporal dalam suatu kesementaraan fana menuju satu yang pasti, yaitu keabadian.

Berbicara tentang pengembaraan, saya ingin berkisah tentang indah nya kehidupan yang saya alami dalam 2-3 minggu belakangan ini. Sebuah perjalanan yang pastinya akan terus terekam dalam memori kehidupan saya.

Dan inilah kisah ku…

Bandung, Sabtu 1 September 2007, pukul 15.00
Awal perjalanan dimulai dari sebuah incoming call ke handphone saya waktu saya sedang sibuk mengendalikan impressa ’96 di ruas jalan wastu kencana…ku tepikan tunggangan ku dengan hati penuh harap..semoga ia yang menelepon..


“Dit..kamu dimana sekarang?” ternyata benar, ia yang menelponku.
“Lagi di jalan, di Bandung. Gimana mas?”jawabku sambil berharap akan sebuah jawaban tentang masa depan ku.
“Ya…kamu besok ke surabaya. Langsung check in di Hyatt di atas jam12. hari senin kamu langsung ke kantor jam 9, disebelah Hyatt persis.Bisa ya..”
“Siap mas, saya segera kesana” jawab ku.

Bandung, Minggu 2 Sept 2007 pukul 05.30
Sehabis menyelesaikan semua urusan dengan para dosen, saya segera menuju stasiun dengan kereta yang telah menunggu tuk mengantarkan saya ke kota baru yang akan menjadi tempat saya melanjutkan hidup.

Surabaya, Minggu 2 September 2007 pukul 20.00
Sampailah saya di surabaya. Setelah saya check in di Hyatt dengan sedikit bermasalah ketika menggunakan electronic key yang ga bisa membuka pintu kamar saya (di kampung saya ga ada soalnye, dan ini pertama kalinya saya make electronic key), saya mutusin ke luar hotel buat nyari tukang cukur. Hari pertama kudu fresh, itu yang ada di benakku. Perjalanan mencari tukang cukur mengantarkan saya sampai ke Tunjungan Plaza, salah satu mall di surabaya. Habis cukur, kayanya seru nih kalo mampir dulu ke mall hehehhe….ternyata Tunjungan gitu gitu aja isinya. Beberapa menit kuhabiskan tuk beli cemilan-cemilan buat makan di hotel, maklum, mini bar di kamar hotel sepertinya memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada harga pasaran…

Surabaya kota yang cukup rapih, pejalan kaki sepertinya dipaksa untuk menggunakan zebra cross atau jembatan penyeberangan. Paksaan ini ditunjukkan dengan memasang pagar di pembatas jalan. Tapi emang budaya kampung masih melekat, jembatan penyebrangan jauh, zebra cross ga keliatan. Jadilah malam pertama saya di surabaya dikotori dengan aktivitas memanjat pagar pembatas jalan di depan Tunjungan Plasa heheheh maap maap nih ye warga surabaya.
Setelah berhasil menyebrang, saya naik angkot yang menawarkan akan mengantarkan saya ke Hyatt. Setelah melintasi Hyatt, ternyata si kenek angkot yang tadi berjanji mengantarkan ke Hyatt diam saja. Untung saja saya melihat ujung gedung Hyatt yang mulai tertinggal jauh di belakang. Saya pun minta berhenti. Kalo kaga inget lagi di kampung orang, hampir aje ribut sama kenek angkot itu. Kalo kaga tau bilang donk bang, jangan nipu saya …
Sisa perjalanan ke Hyatt yang sudah terlewat kutempuh dengan berjalan kaki. Masih mengalami problem yang sama, pembatas jalan masih dipagari juga. Karena cukup rame, niat untuk manjat pager lagi terpaksa ku urungkan, untung ada zebra cross lengkap dengan lampu lalulintas yang menunjukkan kapan saya boleh nyebrang. Begitu sampai di zebra cross…1 menit, 5 menit, 10 menit, 15 menit loh ko lampu tanda penyebrang boleh jalan masih merah aja ya…kapan ijo nya nih…ga lama setelah itu ada pengemudi becak yang baik hati.
“mas, kalo mau nyebrang, dipencet lampunya biar ijo”
waakkss….di kerjain saya ama ni lampu..maklum lagi, di bandung kayanya ga ada, di jakarta mungkin ada juga tapi saya ga pernah menggunakannya hehehehe dan akhirnya sampai lah saya di Hyatt. Satu kesimpulan yang bisa saya ambil dari kamar di Hyatt,
“kamar mandi rumah saya nanti ga akan deh saya desain seperti di Hyatt” hehehehe

Surabaya, 3 September 2007 pagi di kantor baru.
“ya hari ini agenda kita adalah orientasi karyawan baru bareng VP area Jawa Bali. Setelah itu penanda tanganan Letter of Confirmation berikut informasi tempat penugasannya” kata mba HR nya.

Loh…ternyata bukan berarti saya di tempatin di surabaya ya…hati mulai resah…
Sampailah surat penugasan itu di depan saya..

Aditya Bramantya di tempatkan di Tegal…tuing tuing…bengong dehh…tegal??waduh, kota kaya gimana lagi tuh??bisa survive ga ya disono??tapi ko bisa sih..tegal???

Beberapa saat kemudian, diberitahukan karakteristik masing-masing kota. Setelah di jelaskan bagaimana kondisi Tegal….SIAP..saya akan segera terjun ke Tegal hehhe jadi semangat lagi dan bisa memahami kenapa saya ditempatkan di Tegal….

“oke..malam ini kalian segera manuju daerah masing masing, untuk yang di jawa tengah, harus menghadap GM regional dulu di semarang baru setelah itu menyebar ke daerah masing-masing. Ini tiket akomodasi kalian, disana nanti kalian check in di Hotel Graha Santika”

Wah…jalan lagi nih kita…malam nya dengan menumpang kereta Sembrani (bener ga ya namanya) saya melanjutkan pengembaraan menuju semarang.

Semarang, Selasa 4 September 2007 pagi.
“GM nya lagi ada acara. Ketemunya ntar abis makan siang aja.” Kata mba HR regional.

Abis makan siang??kapan saya ke tegal nya ya??
Dan saat-saat yang dinantikan pun tiba. Pertemuan dengan GM. Beliau memberikan petuah petuah standar ke anak baru.
“Sepertinya di tegal akan berat. Saya mau nya kamu tandem dulu. Satu minggu di semarang satu minggu di Solo. Supaya kamu bisa benchmark kedua sistem yang ada tuk di terapkan di Tegal nanti” kata sang GM.
“kalo gitu hotel kalian akan diperpanjang. Kalian disini sampai minggu.Habis check out, kalian langsung ke solo hari minggunya.” Kata mbak HR regional.

Waaahh…bener kata temen ku…setiap hari di perusahaan ini adalah hari yang baru. Selalu ada sesuatu yang exciting…saya harus selalu siap dengan setiap perubahan perubahan yang dapat berlangsung sewaktu-waktu nih.

Semarang, Rabu – Jumat, 5 – 7 september 2007
Tiga hari ini saya habiskan dengan belajar dan belajar. Sarapan pagi menikmatin jamuan hotel, siang dengan jamuan kantor dan malam dengan jamuan sego kucing 1000 perak di pinggir jalan. Nikmat sekali rasanya hidup ini.

“hotel kalian Cuma sampe hari jumat, senin nya kalian sudah ada di solo” kata mba HR lagi.

Loh loh….sabtu-minggu saya kudu kmane donk…dari pada di semarang kaga jelas, ga ditanggung pula hehehhe jadilah saya mutusin balik ke bandung, kebetulan ada nikahan temen di hari sabtu sekalian arrange proses transfer pembinaan adik adikku di bandung ke temenku.

Bandung, sabtu-minggu, 8-9 September 2007
Gubug derita yang menjadi tempat naungan ku selama 4 tahun lebih ternyata dipenuhi oleh kawan kawan … jadilah tempat itu sebagai tempat nostalgia (padahal baru satu minggu ga ketemu) hehehehe..

Sabtu pagi sehabis jogging kulanjutkan dengan sarapan bareng ama adik-adik binaan skalian farewell plus transfer proses pembinaan mereka ke temen ku..

Siangnya menghadiri nikahan temen. Banyak sekali ketemu temen temen disana. Lumayan jadi obat kangen..malem nya dilanjutkan dengan dinner ama temen-temen se pekerjaan waktu di kampus dulu hehehhe Kebetulan salah satu nya ada yang habis ulang tahun trus lanjut dengan menyaksikan film sampah bin aneh yang bikin saya ketiduran di bioskop heheheh…
Persinggahan singkatku di akhiri dengan kunjungan ke rumah temen di hari minggu, sekedar say good bye sebelum ku melanjutkan perjalanan ke solo lalu ke tegal. Dan entah, kapan lagi bisa berkumpul dengan semua kenangan yang kutinggalkan di bandung.
Dua hari ini adalah hari yang indah, yang ga kan kulupakan dalam hidup ku.

Malam nya, dengan menumpang kramat djati, aku melanjutkan fase pengembaraan hidup ku menuju Solo.
Dalam perjalanan di bis temen ku sms “bram, maaf saya lagi di jogja. Jadi blum bisa jemput besok pagi”
Waaakkksss….kejutan lagi nih…saya kudu turun dimane, mandi dimane…
Kontan ku jawab sms nya” ya udeh, tapi nanya donk..saya harus turun dimana supaya deket ke kantor. Trus ada mesjid yang lumayan gede ga?biar bisa numpang mandi”
Perkiraan ku di solo sampe jam 6 pagi dan Hotel Novotel yang akan menampungku baru bisa dimasuki selepas jam 12. jadi emang harus nyari masjid nih…

Solo, Senin 10 September pukul 6.30
Saya turun dari bis sesuai instruksi temen. Kalo udah jam segini kayanya mending langsung ke kantor aja deh. Numpang mandi sekalian di sono hehehe…
Begitu menginjakkan kaki, ada seorang pengayuh becak menawarkan jasanya.
“tau dimana letak graPARI telkomsel pak?” tanya ku.
“ooo di sana…ayu saya antar” jawabnya.
“jauh ga pak?” soalnya aku kasihan kalo dia harus mengayuh menempuh jarak yang jauh.
“lumayan dek…ayu saya antar”
“berapa pak ongkosnya..”
“gampang lah seikhlasnya”
Loh ko….??? “ berapa pak?”
“gampang lah..” jawabnya lagi.

Aku mulai naik dan meghitung jarak yang kusesuaikan dengan perkiraan ongkos. Jarak segini 1000, kalo segini kira-kira 2000 sambil terus memperhatikan sekitar. Oohh tu dia…yah segini doank 3000 kira-kira….tapi ko…???

“pak, kayanya kelewatan deh” karena becak tak kunjung memutar setelah ku mengetahui bahwa tempat yang kutuju telah terlewati.

“ooohh..kelewatan ya de…sebentar saya memutar dulu”

Begitu memutar, ternyata si bapak sepertinya tidak mengetahui tempat yang kumaksud karena begitu tepat di depan GraPARI, si bapak tetap tak mau berhenti.

“pak berhenti pak..kelewatan lagi. Katanya tau pak” tukas ku.
Kuserahkan 3 lembar ribuan sesuai dengan hitungan jarak tadi dan cukup manusiawi saya pikir.

“kurang dek…biasanya 10 ribu” kata si bapak.
“whaatt…yang bener aja pak. Jangan nipu gitu donk. Tadi kan di awal saya tanya berapa. Bapak bilang gampang gampang. Jarak segitu ko minta 10 ribu sih” jawab ku dengan setengah kesal.
“engga de, biasanya emang 10 ribu” jawab si bapak lagi.
“ga..ga ada…segitu ya segitu…” aku mulai kesel banget.
“ga bisa de..kurang”
Dari pada ribut di kampung orang…saya keluarkan 2 lembar ribuan tambahan yang memang sudah saya siapkan..”ini pak..ga ada lagi…besok besok bilang di awal donk pak, jangan nipu..” kataku sambil ngeloyor pergi ga peduli.

Akhirnya setelah minta ijin ke security, aku menyegarkan kepalaku di kamar mandi kantor….
3 hari di kantor solo merupakan pengalaman yang sangat berbeda. Pegawainya sangat help full membimbing kami belajar. Pengalaman ditraktir makan-makan ama ibu ibu supervisor, dan lainnya.

Tegal, Kamis 13 September 2007
Saya memasuki kantor sementara saya. Ga tepat juga dibilang kantor karena memang bentuknya masih seperti rumah. Kami memang masih menyewa rumah di perumahan. Suasana kerja di dalam kantor tanpa menggunakan alas kaki. Orang-orang nya ternyata banyak yang dari jakarta atau bandung. Kecemasan ku akan kendala bahasa begitu sampai di tegal cukup terobati. Pekerjaan ku juga masih blom terlalu padat, hanya berkomunikasi dengan vendor, EO untuk menyelanggarakan event event yang akan di gelar perusahaan kami. Survey ke panti-panti asuhan, cari cari katering..masih belum sibuk lah..

Yaahh… Tegal, mudah-mudahan saya bisa segera menikmatinya seperti saya menikmati Bandung.

Segitu dulu ceritanya, ternyata panjang juga ya …. Mohon doanya supaya saya bisa segera bergerak. Dan saya masih akan terus menunggu ON begitu juga dengan ON nya kantor kami hehehe doakan supaya segera ON hehehe

Regards,

Adit-bram
*di sela-sela menunggu kepulangan tuk kembali ke Tegal dari jakarta

2 Comments:

At 10:27 PM, Blogger Trian Hendro A. said...

wah, koq 'temen baru' ga ditulis sih dit??

anyway, met berkarir bro.. hati-hati ya.. jaga diri, jaga hati, dan jaga istri.. (lho? hehehe)

:)

 
At 10:07 PM, Blogger Adit-bram said...

temen barunya banyak yan....
ga akan muat kalo di masukin hehehe..

oke thx...titip jagain yang tak bisa ku jaga ya...wakakaka

 

Post a Comment

<< Home